Wednesday, January 26, 2011

Pembuat Crop Circle Diminta Muncul, Siapa Tahu Ada Pihak Tertarik

http://www.detiknews.com/read/2011/01/26/105218/1554700/10/pembuat-crop-circle-diminta-muncul-siapa-tahu-ada-pihak-tertarik


Rabu, 26/01/2011 10:54 WIB
Pembuat Crop Circle Diminta Muncul, Siapa Tahu Ada Pihak Tertarik foto
Laurencius Simanjuntak - detikNews


fotoudara.com

Jakarta - Pembuat crop circle di Berbah, Sleman, DIY, diminta memunculkan diri. Selain dapat menjawab keingintahuan publik, siapa tahu ada pihak yang tertarik untuk dibuatkan lingkaran bernilai seni tersebut.

"Bisa aja ada perusahaan yang tertarik agar mereka menggarap logo perusahaan dengan teknik crop circle," kata ketua sekaligus pendiri UFO-Indonesian Community (UFO-IC), Michael Gumelar, saat berbincang dengan detikcom, Rabu (26/1/2011).

Dia mengatakan, teknik crop circle bisa digunakan untuk membuat land mark, misalnya lambang Garuda Pancasila di Bandara Soekarno-Hatta.

"Jadi kalau orang naik pesawat dan lihat ke bawah, akan mengerti 'wah ini sudah di Jakarta/Indonesia'," kata dosen Universitas Multimedia Nusantara itu.

Michael mengatakan, polisi hendaknya jangan menangkap pembuat crop circle karena lingkaran indah itu hanya bentuk ungkapan kreativitas. Pembuat hendaknya hanya diminta ganti rugi atas lahan sawah yang dirusak.

"Saya yakin kalau mereka (pembuat) muncul, masyarakat tidak akan marah. Mereka malah dianggap kreatif," ujar master of arts jebolan universitas di Skotlandia ini.

Terlebih, katanya, fenomena crop circle di Sleman juga membawa rezeki tersendiri bagi warga sekitar, seperti lahan parkir dadakan, penjualan jajanan, sampai ke penyewaan tangga.

Sebelumnya, Kapolsek Berbah AKP I Made Muliawan mengatakan, pihaknya sedang mencari pelaku dan akan mengenakannya pasal perusakan. Sementara itu, dalam sebuah blog, muncul tulisan 'Terungkap Circle crop Sleman Kerjaan 6 Mahasiswa (UGM)'. Tulisan itu menceritakan bahwa 6 mahasiswa UGM angkatan 2008, terlibat dalam pembuatan crop circle untuk mengisi liburan. Pihak UGM sedang melacak informasi tersebut.
(lrn/nrl)

No comments: