Wednesday, January 26, 2011

Je­jak ”UFO” di Sle­man ma­sih mis­te­ri­us

http://edisicetak.solopos.com/berita.asp?kodehalaman=h01&id=99364

Edisi : Selasa, 25 Januari 2011 , Hal.1
Je­jak ”UFO” di Sle­man ma­sih mis­te­ri­us

Sle­man (Es­pos) Fe­no­me­na crop cir­cle atau po­la ling­kar­an di te­ngah area ta­na­man yang ter­ja­di di Du­sun Re­jo­sa­ri, Jo­go­tir­to, Ke­ca­mat­an Ber­bah, Sle­man, Yog­ya­kar­ta, ma­sih men­ja­di mis­te­ri.

Se­ba­gi­an war­ga me­ya­ki­ni bu­lat­an itu me­mang lo­ka­si be­kas men­da­rat­nya pe­sa­wat mi­lik makh­luk lu­ar ang­ka­sa atau yang bia­sa di­ke­nal de­ngan na­ma UFO (uni­den­ti­fied flying ob­ject). Se­men­ta­ra se­jum­lah il­mu­wan me­ya­ki­ni itu kar­ya ma­nu­sia. Po­li­si ju­ga be­lum bi­sa me­mas­ti­kan ba­gai­ma­na bu­lat­an itu ter­ben­tuk.

Ba­sori, 41, war­ga Du­sun Re­jo­sa­ri yang ru­mah­nya ha­nya ber­ja­rak 100 me­ter da­ri lo­ka­si ke­ja­di­an, meng­aku ti­dak me­li­hat se­ca­ra pas­ti fe­no­me­na aneh yang mem­ben­tuk crop cir­cle.

Me­nu­rut dia, pa­da Sab­tu (22/1) ma­lam se­ki­tar pu­kul 22.30 WIB, ter­de­ngar de­ru sua­ra pe­sa­wat ter­bang te­ta­pi tak ter­la­lu be­ri­sik dan ha­nya ber­lang­sung 30 me­nit. ”Sa­ya de­ngar se­per­ti pe­sa­wat, ta­pi tak be­ri­sik, sua­ra­nya ha­lus se­per­ti sua­ra mo­tor re­yen­an,” ka­ta­nya, Se­nin (24/1).

Sa­at ke­ja­di­an, cua­ca men­dung dan pan­dang­an ke sa­wah ter­tu­tup ka­but. Fe­no­me­na aneh itu di­ke­ta­hui oleh be­be­ra­pa pe­mi­lik sa­wah pa­da Ming­gu (23/1) pa­gi.

Sa­lah sa­tu pe­mi­lik sa­wah, Dal­di­ri, 63, me­nga­ta­kan ti­dak ta­hu apa yang ter­ja­di. Ia ti­dak mem­per­ma­sa­lah­kan sa­wah­nya un­tuk pe­ne­li­ti­an. ”Mbo­ten ma­sa­lah, ada fe­no­me­na itu ba­nyak yang mau li­hat,” ka­ta­nya.

Fe­no­me­na crop cir­cle ter­se­but ter­ja­di di enam pe­tak sa­wah mi­lik enam orang war­ga yak­ni Mus­ta­min, Ja­mro­ni, Ju­ma­di, Dal­di­ri, Joyo Su­mar­to dan Nga­di­ran.

Hing­ga Se­nin si­ang, se­jum­lah po­li­si ber­ja­ga di lo­ka­si ke­ja­di­an. Lo­ka­si crop cir­cle itu te­lah di­pa­sa­ngi po­li­ce li­ne, agar war­ga yang me­non­ton ti­dak men­de­kat. War­ga ber­du­yun-du­yun da­tang un­tuk me­nyak­si­kan ben­tuk ling­kar­an be­sar itu.

Se­men­ta­ra, pa­ra ah­li da­ri Lem­ba­ga Pe­ner­bang­an dan An­ta­rik­sa Na­sio­nal (Lap­an) me­ya­ki­ni crop cir­cle di per­sa­wah­an Jo­go­tir­to, Ber­bah, ada­lah kar­ya ma­nu­sia. Lap­an ti­dak akan me­ngi­rim­kan tim un­tuk me­ne­li­ti fe­no­me­na itu.

Tho­mas Dja­ma­lu­din da­ri Lap­an men­ce­ri­ta­kan, di Ing­gris crop cir­cle yang ada se­ba­gi­an be­sar ada­lah bu­at­an ma­nu­sia. Se­pe­nge­ta­hu­an dia, mem­bu­at se­buah crop cir­cle bu­kan­lah hal yang ter­la­lu su­lit ji­ka me­mang su­dah te­ram­pil. ”Se­per­ti di Ing­gris akhir­nya si pem­bu­at meng­akui­nya ka­re­na me­mang se­ca­ra as­tro­no­mi, UFO itu ti­dak di­ke­nal se­ba­gai makh­luk an­ta­rik­sa. UFO itu kan cen­de­rung ha­nya se­buah fik­si,” je­las Tho­mas.

Sas-sus be­re­dar, se­ni­man yang men­cip­ta­kan kar­ya meng­he­boh­kan itu ber­asal da­ri In­sti­tut Se­ni In­do­ne­sia (ISI), yang me­mang ter­ke­nal ge­mar ber­kre­a­si. Man­tan Rek­tor ISI Soeprap­to Soed­jo­no, meng­akui ke­mung­kin­an itu. ”Mung­kin ju­ga, ke­mung­kin­an itu be­sar,” ka­ta­nya.

Se­dang­kan me­nu­rut Ke­tua Ko­mu­ni­tas UFO In­do­ne­sia (UFO In­do­ne­sian Com­mu­ni­ty), Mi­chael Gu­me­lar, sim­bol yang ter­ben­tuk di area per­sa­wah­an di Ber­bah, Sle­man, ma­sih pe­nuh mis­te­ri. Ku­at du­ga­an, sim­bol itu bu­at­an ma­nu­sia. Un­tuk me­mas­ti­kan, da­pat di­li­hat da­ri tek­nik yang di­gu­na­kan un­tuk me­ro­boh­kan ba­tang-ba­tang pa­di di sa­wah itu.

Ji­ka bu­lat­an itu be­nar-be­nar crop cir­cle, tek­no­lo­gi yang di­pa­kai ada­lah tek­no­lo­gi pe­ma­nas­an. Ha­sil tek­no­lo­gi pe­ma­nas­an ini sa­ngat ra­pi, ber­be­da de­ngan bu­at­an ma­nu­sia yang bia­sa­nya ter­li­hat da­ri ke­ting­gi­an pa­di yang ti­dak ra­ta. ”Yang as­li itu de­ngan tek­nik pe­ma­nas­an ting­gi, di sa­tu ti­tik sa­ma se­mua,” ka­ta Mi­chael. - Oleh : JIBI/Ha­ri­an Jog­ja/aan/mag/dtc

No comments: